Tips Agar Labu Berbuah Sangat Banyak

Tips Agar Labu Berbuah Sangat Banyak

Jabarmaju.com – Tips agar labu berbuah banyak – labu kuning atau  waluh (cucurbita moschata Durch.) Adalah flora pangan alternative yang paling mudah diperbudidayakan. Flora labu kuning bisa tumbuh secara baik di lebih dari satu kondisi area dan cuaca.

Flora labu kuning ini konsisten tumbuh tanpa pemupukan dan hasilkan buah dan tidak menanggung derita kekeringan kronis. Disamping tersebut, flora labu kuning tahan pada hama dan penyakit. berikut strata didalam budidaya labu kuning.

Cara Budidaya Labu Kuning

Persyaratan Tumbuh

Labu kuning atau waluh ialah flora yang bisa tumbuh di bawah situasi daerah yang beda. Tapi, flora ini paling bagus ditanamkan di wilayah dengan ketinggian sekitaran 800-1200 m di permukaan bahari, dengan curahan hujan sekitaran 700-1000 mm / year dan kelembapan sekitaran 75Persen.

Jenis tanah paling baik untuk tumbuhkan labu kuning atau waluh ialah tanah aluvial humus, tanah kering gembur, residu rawa, andosol, tanah merah dan grumosol. Dan juga dengan taraf keasaman tanah atau PH sekitaran 5.0-6.5.

Pembibitan Labu Kuning

Biasanya penanaman labu kuning menggunakan platform generatif atau biji. Kala sebelum menanam, yakinkan benih yang Kamu pakai punya mutu paling baik. Berikut Langkah mendapatkan benih berkualitas baik:

  • Untuk calon bibit, pilih buah yang bagus yakni yang memiliki ukuran yang besar, mempunyai warna kulit yang segar dan mempunyai pangkal buah yang kecil.
  • Sesudah Anda memperoleh buah yang bagus, diamkan buah masak di pohon.
  • Sesudah buah masak, selanjutnya buah diambil dan ditaruh atau simpan dengan waktu 7 hari.
  • Selanjutnya potong buah secara membentang untuk ambil bijinya
  • Bersihkan biji secara detail dan diamkan kering di bawah cahaya matahari dengan waktu 3 sampai 4 hari
  • Sesudah pengeringan, biji dapat ditanamkan atau diletakkan
  • Bila Anda ingin simpan bijinya, kemas dengan kertas atau aluminium foil dan ikat dengan kuat.
  • Benih yang dikemas ditaruh dalam topeles dan dikasih arang atau abu.

Penyiapan Tempat

Termin akhirnya di dalam penanaman labu kuning ialah menyiapkan daerah tanam. Labu kuning ialah semacam flora yang memerlukan tak terhitung ruangan untuk tumbuh. Maka berasal dari tersebut, labu kuning ditanamkan seringkali di tanah dibanding di pot. Ini gara-gara salah satunya sifat pohon labu kuning menyebar atau menjalar sampai luas daerah sahih-sahih mempengaruhi pertumbuhan labu kuning.

Saat sebelum Anda menanam labu di tempat, Anda harus membuat beberapa penyiapan. yakni:

  • Yakinkan tempat itu bersih dari gulma atau tanaman pengganggu. Gulma atau tanaman liar bisa dipotong dengan manual atau mungkin dengan kontribusi pemotong rumput. Yakinkan jika rumput atau tanaman yang dipotong dibakar sampai akhir. Timbunan rumput yang membusuk Dicemaskan bisa menjadi sumber penyakit atau hama untuk tanaman Anda.
  • Yakinkan tempat itu bukan hanya bebas dari tanaman liar atau gulma, tapi juga bebas dari batu besar.
  • Tidak ada pohon atau bangunan besar yang dapat merintangi labu kuning dari cahaya matahari.
  • Tempat itu mempunyai tanah yang gembur, hingga peresapan air tanahnya bagus. Pohon labu kuning memerlukan air yang cukup buat tumbuh. Tetapi bila daya serap tanah pada air kurang dan jadikan air menggenang, dicemaskan perkembangan labu akan terhalang dan terusik.
  • Bila tanah sudah digemburkan dengan cangkul atau traktor, dalam langkah seterusnya bilikan harus dibikin sebagai media tanam labu kuning. Lebar bilikan umumnya sekitaran 1 m dengan ketinggian maksimal 30 cm. Berkenaan panjang bilikan Anda bisa sesuaikan lebar tempat yang ada.
  • Bila tempat yang Anda persiapkan lumayan besar, Anda bisa membuat lebih satu bilikan di samping keduanya. Anda dapat membuat ruangan di antara bilikan sekitaran 40 cm, yang nanti akan dipakai sebagai tempat saluran air di tengah-tengah hujan.
  • Buat lubang tanam berdiameter 10 cm saat bilikan siap. Dengan lebar 1 m Anda dapat membuat 2 lubang, tiap lubang mempunyai jarak sekitaran 40 cm.
  • Beri pupuk sebagai pupuk dasar setiap lubang.

Penanaman Labu Kuning

Menanam labu kuning sebetulnya lumayan gampang, berikut beberapa langkahnya:

  • Membersihkan tanah dari gulma atau tanaman liar.
  • Buat lubang tanam berdiameter sekitaran 25 cm dan kedalaman 20 cm.
  • Tambah kompos atau pupuk kandang yang sudah diolah sampai 5 kg per lubang ke lubang tanam.
  • Campur pupuk bersama dengan tanah dari lubang tanam sisa dan biarkan sepanjang 1 minggu,
  • Sesudah 1 minggu, tanam benih labu kuning di dalam 2 lubang benih per lubang.
  • Untuk menahan gempuran siput atau cacing, Anda dapat menaburkan abu sekam ke lubang tanam. Anda dapat menaburkan abu sekam sampai perkembangan tanaman capai ketinggian 25 cm.

Perawatan dan Perawatan

Langkah menanam labu kuning sebetulnya tidak begitu susah dan sanggup ditunaikan oleh siapapun. Apalagi juga dengan perawatan yang betul-betul tidak punyai fokus. Namun, bila Kamu ingin capai mutu tinggi dan hasil optimal, Kamu harus mempertahankan flora labu kuning dengan bermacam langkah.

Penyiraman

Seharusnya ditunaikan penyiraman dengan teratur pada sore dan pagi hari. Penyiraman dijalankan seperlunya saja yang memicu daerah tanam menjadi lembab dan tidak menggenangi daerah tanam.

Pemupukan

Flora labu kuning bukan sekedar dikasih pupuk dasar namun juga pupuk susulan. Salah satunya bantuan pupuk susulan ialah pupuk kandang yang disebut pupuk organik. Pemupukan umumnya dilakukan dengan teratur tiap tiga bulan mulai semenjak penanaman benih.

Pemupukan pada akhirnya umumnya dilakukan dengan meleburkan pupuk organik dan air didalam disparitas pupuk kandang 1: 1 atau 1 kg dengan 1 ltr air. Tapi, larutan pupuk kandang tidak bisa dipakai segera sebab wajib melalui reaksi peragian lebih pernah. Reaksi peragian umumnya ditunaikan 1 minggu pas sebelum program pupuk. Di dalam prosesnya, larutan pupuk organik disemprot ke lubang tanam dan bagian-bagian pohon labu kuning dengan rasio 1 ltr untuk 1 m 2.

Penyulaman

Benih labu kuning termasuk benih yang tumbuh cepat. Pada umumnya, benih berkecambah 7 hari sehabis tanam dan tunas kelihatan di atas. Apabila Kamu memirsa benih yang tidak tumbuh, selekasnya keduk lubang di tanah dan tambah benih baru untuk isi yang kosong tersebut. Dengan langkah ini, Kamu bisa ditegaskan jika seluruh flora labu kuning Kamu dipanen didalam kurun pas bertepatan.

Penyiangan

Gulma dan flora liar ialah versus spesifik petani dan pemberbudidaya flora. Sebab mereka konsisten ada sebab tersebut dibutuhkan selagi dan kekuatan extra untuk menanganinya. Ada dua langkah untuk mengakalinya. Pertama kali pakai cairan kimia. Ke-2 , kerjakan melalui cara manual. Namun walau demikian,

langkah pertama tidak disarankan. Dikarenakan selainnya hentikan pertumbuhan gulma, ada pula resiko jika pertumbuhan flora dan gizi Kamu di tanah akan terusik sampai tanah tak lagi produktif dan tidak bisa dipakai didalam periode waktu yang semakin lama.

Sepanjang musim kemarau, gulma mungkin tidak tumbuh benar-benar cepat. Namun waktu tiba pada musim hujan gulma menjadi flora yang tumbuh cepat sekali . Maka tidak boleh bingung bila Kamu fokus untuk hilangkan gulma pada musim hujan.

Pemberian Ajir atau Lanjaran

Layaknya disebut awalnya, flora labu kuning termasuk flora menjalar yang memerlukan luas daerah yang memadai buat berkembang dan tumbuh. Dan untuk memudahkan perawatannya memberi lanjaran jadi jalan keluar sehingga flora labu kuning Kamu tidak menjalar tidak karuan.

Lanjaran umumnya dibuat berasal dari bambu dengan panjang 2 m. Lanjaran dibikin dengan tinggi 1,5 m atau disamakan dengan tinggi tubuh Kamu. Peranan rekonsilasi ketinggian ini ialah untuk membikin perawatan Kamu lebih enteng. Lanjaran ini umumnya diberi selagi sulur flora tidak begitu panjang. Sulur-Sulur ini kelanjutannya dililitkan disekitaran bambu sampai nanti flora labu kuning merayap naik ke lanjaran.

Pengaturan Hama dan Penyakit

Lebih dari satu penyakit yang generik diketemukan pada flora labu kuning ialah busuk daun dan busuk bunga. Busuk daun ialah penyakit di mana daun labu kuning beralih jadi ungu atau biru dan mati perlahan-huma.

Busuk daun umumnya diawali pada cuaca lembab dan memulai pada bagian bawah daun. Bila tidak dikontrol penyakit ini bisa mengusik pertumbuhan flora labu kuning dan juga membunuh flora labu kuning. Langkah yang generik untuk mengatasi permasalahan ini ialah memutuskan rantai penyebaran penyakit ini dengan mengambil flora labu kuning dan merendam labu kuning jauh berasal dari daerah penanaman untuk menahan mengontaminasi flora lain.

Penyakit ke-2 yang generik berlangsung ialah pembusukan bunga. Penyakit ini umumnya serang bunga muda flora buah. Maka berasal dari tersebut, flora labu kuning bukan hanyalah rawan pada penyakit ini, flora lain juga rawan. Sebagian karakteristik penyakit ini ialah jumlahnya fungi putih pekat di pada mahkota bunga. Salah satunya langkah untuk mengatasi permasalahan ini dengan memutuskan rantai penebaran dan rantai penebaran pada busuk buah. Kamu kudu merendamnya di tanah jauh berasal dari area penanaman sehingga penyakit tidak menebar ke flora lain.

Langkah efisien untuk mengatasi permasalahan penyakit ini ialah beli atau memiara benih yang sehat dan berkualitas tinggi. Bila memungkinkannya, yakinkan jika benih yang Kamu menerima berasal berbahan perkembangbiakan yang sehat dan tahan pada penyakit dan hama.

Pemanenan Labu Kuning

Waluh atau labu kuning mulai berbuah pada umur sekitaran 60 hari setelah tanam dan labu kuning mulai sanggup panen setelah sekitaran 80 hari tanam. Panen bisa dilakukan dengan bertahap 1 hingga dua bulan.

Check Also

Superfoods You Should Be Eating Today and Why

Superfoods You Should Be Eating Today and Why The benefits of dark chocolate are numerous, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.