Penduduk Sunda Ngamuk, Ridwan Kamil Desak Arteria Dahlan Minta Maaf

jabarmaju.comGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendesak anggota Komisi III DPR berasal dari Fraksi Pdip, Arteria Dahlan langsung memohon maaf kepada penduduk Sunda.

Penduduk Sunda Ngamuk, Ridwan Kamil Desak Arteria Dahlan Minta Maaf

Desakan itu disampaikan Kang Emil, sapaan akrabnya, menyikapi kegaduhan yang dibuat Arteria Dahlan. Diketahui, Arteria dengan meminta Jaksa Agung mengganti Kajati yang mengenakan Bahasa Sunda didalam kedap kerja, Senin (17/1/2022). Pengurus RW dan Pengelola Sekolah Islah “Menjadi saya mengimbau Pak Arteria Dahlan sebaiknya meminta maaf kepada penduduk Sunda di Nusantara ini. Kecuali tidak dilaksanakan, tentu akan bereskalasi.

Sebenarnya orang Sunda tersebut pemaaf ya, menjadi saya berharap tersebut ditunaikan,” tutur Kang Emil di dalam keterangannya, Selasa (18/1/2022). Menurut Kang Emil, ada dua pandangan rakyat didalam menyaksikan disparitas.

Pertama, ada yang memandang disparitas tersebut sebagai kekayaan dan rahmat. Dia pun berharap, mayoritas penduduk lihat disparitas dengan cara ini., lanjut Kang Emil, ada pula penduduk yang memandang disparitas sebagai sumber kebencian dan hal tersebut perlu dilawan.

“Menjadi saya menyesalkan statement berasal dari Pak Arteria Dahlan berkenaan persoalan bahasa ya, yang ada ratusan year atau ribuan tahunan jadi kekayaan Nusantara ini,” ujarnya.  BACA Juga: Gaji Ribuan ASN di KBB Terlambat Cair, Begini Kata Hengki Kurniawan Kang Emil juga mengatakan, jika Arteria tidak nyaman dengan pemakaian bahasa Sunda, maka tinggal disampaikan secara simple.

Tapi, Kang Emil menegaskan, jika Arteria meminta pencopotan jabatan, maka hal tersebut sangat berlebihan.  “Tidak ada dasar hukum yang paham dan saya amati ini menyinggung berlimpah pihak warga Sunda di mana-mana. Saya udah cek ke mana-mana.

Saya kira tidak ada di kedap yang sifatnya resmi berasal dari A hingga Z nya bahasa Sunda,” katanya.  Lebih lanjut Kang Emil mengatakan, biasanya, bahasa area diucapkan sekedar pada peristiwa tertentu, layaknya waktu menyampaikan ucapan selamat,

pembuka pidato atau epilog pidato, atau di sedang-sedang waktu ada celetukan. “Makanya wajib ditanya mana buktinya yang memicu tidak nyaman. Bayangan saya, kelihatannya tidak layaknya yang disampaikan persepsinya layaknya tersebut,” tuturnya.

Artikel ini sudah tayang di jabar.inews.id dengan judul ” Ridwan Kamil Desak Arteria Dahlan Mohon Maaf kepada Penduduk Sunda “,

Check Also

VIDEO Minka Kelly ‘Euphoria’ Leaked Video & Pics Went Viral All Over

VIDEO Minka Kelly ‘Euphoria’ Leaked Video & Pics Went Viral All Over

Jabarmaju.com - Hi guys we have truly shocking and association news from the forthcoming HBO Web series happiness. Some of the bare scenes from the web series have spilled over the Internet and online users are constantly spilling them. Not just some naked scenes have been released in which Minka Kelly should have been visible, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.