5 Cara Masak Ayam dengan Bumbu Cincane Ala Masakan Hotel

5 Cara Masak Ayam dengan Bumbu Cincane Ala Masakan Hotel

Jabarmaju.com – Ayam terhitung salah satu bahan makanan yang cocok dimasak dengan bumbu cincane.
“Cincane sendiri memang berasal dari Samarinda dan lebih cocok ke ayam, ayam cincane,” kata Executive Chef Aston Hotel Samarinda Haris Zestya Wardana.

Setidaknya, ada lima cara memasak ayam dengan bumbu cincane yang dibagikan oleh Haris berikut ini.

1. Sesuaikan ukuran ayam

Ukuran ayam untuk sebabkan bumbu cincane wajib sesuai terlebih dahulu. Menurut Haris, satu ekor ayam biasanya berbobot lebih kurang 800-1.200 gram.

Kelanjutannya, ukuran ayam bisa sesuai, bisa dibiarkan utuh atau dipotong jadi lebih dari satu bagian.

2. Bersihkan ayam

Ayam yang telah disiapkan untuk dimasak dengan bumbu cincane, bisa dibersihkan terlebih dahulu.

Anda mampu membersihkan ayam kenakan air mengalir sampai seluruh kotorannya terlepas berasal dari daging dan kulit ayam.

3. Masak bumbu cincane

Sisihkan ayam sebentar, lalu masak bumbu cincane sampai matang. Haris mengatakan, bumbu cincane terdiri berasal dari bumbu dasar putih atau bumbu dasar putih.

“Cuma (Bumbu cincane) gulanya pakai gula merah, dan air asam, konsisten dikasih terasi,”

4. Masukkan ayam

Ayam bisa segera dimasukkan sesudah bumbu cincane matang. Durasi memasak ayam dengan bumbu cincane, yang disarankan oleh Haris adalah 45 menit.

5. Panggang atau bakar

Paling akhir, ayam cincane perlu dimatangkan lagi dengan dua pilihan metode, yakni panggang dan bakar. “Tersebut kan udah matang, kami cuma menempelkan bumbu sausnya biar sahih-sahih mengikat, tetap mirip rona kulitnya jika dipanggang gitu kan bagus gitu ya,” kata Haris. Suhu oven yang disarankan untuk memanggang ayam cincane di oven adalah 200 derajat celsius selama 20 menit. “Jika misalnya mau agak lama, di suhu 150 derajat celsius pun bisa namun memang agak lama. Tetapi, hasilnya lebih baik, lebih enak. Bisa sampa satu setengah jam,” ujar Haris. Tak hanya tersebut, ayam cincane juga bisa dibakar manual sesudah diungkep dengan bumbu. “Jikalau mau dibakar mesti hati-hati banget waktu angkat gara-gara masih utuh,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.